Profile Facebook MillatFacebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Lintas Berita Detiknews
IPNU-IPPNU Pramuka Paskibra
Lab Biologi Lab Komputer Lab Fisika Lab Kimia Studio Musik Perpustakaan
Kalender Pendidikan Jadwal Pelajaran RPP Silabus Artikel Berita
Bidang Akademik Bidang Olah Raga Bidang Seni Bidang Pramuka Bidang Keagamaan Bidang Lainnya
Pramuka Paskibra Olah Raga Pencak Silat Otomotif Informatika English Club
MOHON MAAF WEB INI MASIH DALAM PERBAIKAN DAN RENOVASI, TRIMAKASIH

HEAD LINE

« »

Rabu, 29 September 2010 | 07.23 | 0 Comments

Pasar Lebih Ramah bagi Lulusan SMA

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasar kerja saat ini memang terkesan lebih ramah bagi lulusan SMA dibandingkan lulusan sekolah menengah kejuruan atau SMK. Pasalnya, SMA dinilai lebih fleksibel daripada lulusan SMK yang bersifat spesialis.

Demikian temuan dalam penelitian Lembaga Demografi dan Dosen (LD FE UI). "Kenapa orangtua tidak pilih vocational (kejuruan)? Masalahnya, SMA dinilai lebih fleksibel dibandingkan SMK. Saat SMA, anak diberikan basic knowledge, sementara SMK diberikan pengetahuan praktis yang khusus, misalnya listrik. Jadi, dia hanya bisa listrik saja nantinya," ujar Peneliti LD FEUI, N Haidy A Pasay, Selasa (28/9/2010) di Hotel Nikko, Jakarta.

Haidy menjelaskan bahwa bursa kerja saat ini masih minim dalam menyediakan pekerjaan bagi para lulusan SMK sehingga tiga tahun belajar di SMK menjadi tidak terpakai. Sementara itu, lulusan SMA lebih luwes dalam melakukan penyesuaian sehingga pendidikan SMA selama 3 tahun menjadi tidak terbuang. "Contohnya seperti bank, itu anak SMK enggak bisa. Tapi, mereka menerima SMA karena SMA lebih mengembangkan logika, jadi bisa lebih cepat dilatih," ujarnya.

Di Jepang, lanjut Haidy, bursa kerja lebih memilih tenaga kerja yang memiliki keandalan dalam berpikir logis dan mengutamakan pelatihan tanpa melihat latar belakang pendidikannya. "Maka dari itu, untuk mengoptimalkan keberadaan SMK, harus ada jembatan antara pasar kerja dan pendidikan menengah untuk menutupi middle hollow ini," tandas peneliti senior di FE UI tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by Ozie Segeran | Published by Wong Segeran
Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.